Kenali Apa Itu IT support dan Job Desknya

IT support adalah

Jika Anda ingin membantu lebih banyak orang, tetapi dibayar untuk melakukannya, langkah pertama adalah mempertimbangkan pekerjaan berjenis teknologi di bidang TI.

Pekerjaan ini mungkin tidak terdengar glamor, tetapi orang-orang yang bekerja di bidang ini adalah tokoh penting dalam industri, terutama di era digital saat ini.

Apabila anda ingin berkarir di bidang IT, Anda juga perlu mengetahui keterampilan apa saja yang harus Anda kembangkan agar berhasil dalam pekerjaan ini.

Apa Itu IT Support?

Dukungan IT atau IT support adalah staf teknis dalam suatu organisasi atau perusahaan yang bertanggung jawab atas instalasi, evaluasi, dan peningkatan tiga objek utama antara lain komputer, perangkat lunak, dan pengembangan sistem jaringan.

Apa latar belakang pendidikan yang dibutuhkan?

Latar belakang pendidikan juga fleksibel dan tergantung pada kebutuhan setiap lamaran pekerjaan. Biasanya jenjang pendidikan minimal D3 atau S1 di bidang IT atau bidang terkait.

Namun, beberapa perusahaan atau organisasi bersedia menerima siswa SMK jika siswa tersebut memiliki keterampilan teknis yang setara dengan ketentuan yang ada.

Mengapa Perusahaan harus Menyediakan IT Support?

Semua perusahaan yang ada saat ini tidak terlepas dari peran komputer. Semakin besar perusahaan, semakin banyak karyawan akan menggunakan komputer untuk menyelesaikan berbagai stasiun kerja mereka.

Inilah sebabnya mengapa bekerja sebagai dukungan TI menjadi semakin populer. Tugas dari IT support ini adalah menangani permasalahan yang muncul dan mempersiapkan segala sesuatu yang membutuhkan IT.

Beberapa tugas bermasalah adalah menginstal perangkat lunak anti-malware di komputer perusahaan dan memecahkan masalah jaringan. Sebenarnya masih banyak lagi tugas dan tanggung jawab untuk dukungan TI, yang akan dijelaskan kemudian.

Tanggung Jawab dan Job Desk dari Seorang IT Support

Anda baru saja mendapatkan gambaran tentang peran profesional IT support. Sekarang saatnya bagi Anda untuk memahami tanggung jawab dan job dest dari seorang IT support secara keseluruhan.

Tugas IT support mencakup:

  • Memecahkan masalah jaringan komputer
  • Memperbaiki sistem yang bermasalah saat pengguna menggunakannya.
  • Update setiap kali versi terbaru datang dari sistem atau aplikasi
  • Pasang UPS di setiap komputer
  • Instal dan konfigurasikan perangkat lunak antivirus untuk melindungi komputer perusahaan
  • Lakukan pembersihan komputer ketika komputer Anda terinfeksi virus
  • Hubungkan kabel data ke jaringan
  • Kemampuan membedakan kualitas kabel yang akan dipasang pada jaringan komputer
  • Cadangkan semua data perusahaan
  • Kemampuan untuk mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah dengan printer, pemindai, dan lain sebagainya.

Keterampilan dan Kompetensi yang Harus Dimiliki

IT support membutuhkan pikiran terbuka dan memiliki banyak kompetensi di bidang teknologi informasi. Semakin banyak keterampilan yang Anda miliki di kedua bidang ini, semakin mudah bagi Anda untuk mengatasi segala macam masalah di tempat kerja.

Nah, apabila Anda merasa mempunyai kemampuan diatas, Anda dapat berkarir di berbagai macam perusahaan yang membutuhkan seorang IT support, salah satunya adalah BRITECH.

BRITECH merupakan perusahaan professional yang dimiliki oleh BUMN yang memiliki kepedulian yang tinggi dengan personal development para karyawannya. Sehingga Anda akan mendapatkan banyak keuntungan dengan masuk ke perusahaan BRITECH.

You May Also Like

About the Author: admin